Detail Cantuman Kembali

XML

Teori Musik I (Musik Tonal)


Penulisan buku ajar ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konten mata kuliah Teori Musik melalui penjelasan deskriptif, contoh kasus, analisis karya, dan latihan-latihan yang langsung bersifat praktik. Cakupan pembahasan dalam buku ini meliputi:
• Interval, pitch, melodi
• Ritme dan sukat
• Akor Trinada dan akor tujuh
• Teknik voicing akor
• Progresi akor
Dengan mempelajari buku ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun melodi dalam tangganada mayor dan minor sebagai latihan awal dalam tradisi komposisi musik tonal, berikut akor trinada yang mengiringinya yang disusun pada posisi dasar dan balikan pertama.

JATMIKA, Ovan Bagus - Personal Name
781.26 Jat t
700
Buku Ajar
INDONESIA
BP ISI Yogyakarta
2016
Yogyakarta
xvii, 145 hlm.: notasi; 23,5 cm
Buku ini menuliskan bahwa Pitch dalam musik merujuk pada tinggi rendah sebuah bunyi. Pitch nada tertentu disimbolkan dengan huruf alfabeth, dari A hingga G, dan kemudian berulang ke A. Ritme merujuk pada aspek waktu dalam musik, sebagai lawan dari aspek pitch. Sonoritas paling fundamental dari musik tonal adalah akot trinada, tiga nada akor yang terdiri dari nada 5 dan dibagi ke dalam dua superimposisi nada dalam jarak 3. Penggunaan tangganada minor dalam musik tonal tidak sepenuhnya didasarkan pada klasifikasi minor natural, harmonik, atau melodis. Akor dalam musik tonal dihasilkan dari gerakan alur melodi individual, dan manipulasi dari alur melodi tersebut dinamakan voice leading atau part writing. Sekwen adalah pola yang dimunculkan secara berulang dalam suara yang sama namun dimulai pada pitch class yang berbeda. Trinada pada posisi pembalikan cukup sering dipakai dalam musik tonal.
LOADING LIST...
LOADING LIST...