Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Akor Substitusi Dan Voicing Gitar Jazz Oleh Tal Farlow Pada Lagu “Misty”


Dalam format ansambel terutama pada musik jazz, gitar kerap menjadi instrumen pengiring meskipun dapat berfungsi sebagai instrumen melodi juga. Namun seiring berjalannya waktu, permainan gitar jazz mampu berdiri sendiri yaitu dengan cara menggabungkan permainan akor dan melodi secara bersamaan. Beberapa orang menyebutnya chordmelody, yang identik dengan penguasaan akor substitusi dan voicing. Beberapa gitaris jazz yang mempunyai inovasi dalam perkembangan akor substitusi dan voicing terlihat pada permainan Joe Pass, Jim Hall, George benson, Kenny Burell, Tal Farlow, dan beberapa gitaris lain. Definisi dari akor substitusi adalah mengubah situasi akor dasar sebuah lagu atau progresi akor, menjadi beberapa bunyi akor yang berbeda. Voicing merupakan susunan vertikal mutlak dari not-not atau dapat disebut juga sebagai urutan nada dalam suatu akor. Akor substitusi dan voicing ialah dua unsur penting dalam permainan gitar jazz. Untuk menerapkan akor substitusi dan voicing dalam suatu lagu, perlu untuk mengetahui tipe serta proses pembentukannya. Tal Farlow merupakan seorang gitaris yang mempunyai kontribusi dalam dunia jazz dan dikenal dengan gaya permainan yang kompleks. Melalui lagu “Misty” yang dimainkan oleh Tal Farlow. Terdengar kompleksitas harmoni pada aransemen lagu tersebut mengundang banyak pertanyaan mengenai konsep apa yang dia gunakan. Melalui metode deskriptif analisis memudahkan para musisi khususnya gitaris yang sedang mendalami musik jazz, dalam hal ini membantu proses analisis dan pemahaman konsep apa yang digunakan.
SONARU, Elifas Musashi - Personal Name
MS/Son/a/2017
-
MS
Tugas Akhir
INDONESIA
FSP ISI Yogyakarta
2017
Yogyakarta
xiii, 62 hal.: not, lamp.; 30 cm.
Ada jurnal cetak
LOADING LIST...
LOADING LIST...