Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Karya Street Photography di Galeri Online “Walking In Ngalam”


Dokumentasi sebuah kota tak lepas dari peran fotografi. Fotografi merupakan salah satu medium perekaman sejarah peradaban sebuah kota dan dinamika aktivitas masyarakat di dalamnya. Umumnya dokumentasi sebuah kota dipresentasikan dalam citra-citra ikonik sebagai upaya konstruksi citra-citra pendukung kebutuhan pariwisata belaka. Namun diluar citra-citra ikonik tersebut, ternyata ada sebuah upaya perekaman sebuah kota yang dilakukan melalui pendekatan kacamata publik yang lebih jujur terhadap realitas keseharian. Upaya itu adalah yang dilakukan oleh galeri online “Walking in Ngalam”. Galeri online “Walking in Ngalam” merekam kota Malang melalui kumpulan foto-foto yang diambil dengan gaya atau genre street photography oleh publik kota Malang itu sendiri.
Melalui penelitian ini penulis akan mengkaji karya-karya street photography di galeri online “Walking in Ngalam”. Pengkajian ini adalah sebuah bentuk apresiasi kritis atas upaya yang telah dilakukan oleh galeri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan perangkat penelitian utama metode kritik foto Terry Barret dan didukung oleh teori interpretasi semiotika konotasi Roland Barthes serta interpretasi formal John Szarkowski.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh galeri online “Walking in Ngalam” secara kritis dan mengkaji serta memaknai karya-karya di dalamnya. Pengkajian dari karya-karya rekaman ruang publik ini diharapkan mampu menghadirkan sebuah gambaran, ingatan atau persepsi publik Kota Malang atas kotanya sendiri. Sebuah representasi dari citra-citra memori kolektif yang hadir melalui pemaknaan karya-karya galeri online “Walking in Ngalam.
TES/FT/Pur/k/2016
-
TES/FT
Tugas Akhir
INDONESIA
PPS ISI Yogyakarta
2016
Yogyakarta
xiv, 111 hal.: ilus., lamp.; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...