Detail Cantuman Kembali

XML

Kenangan Keluarga sebagai Tema Penciptaan Lukisan


Kenangan ini adalah proses pengumpulan ingatan akan rincian kejadian-kejadian, dan perjumpaan-perjumpaan terdahulu yang dialami. Keluarga yang dimaksud disini menceritakan tentang kerinduan seorang anak perempuan terhadap keluargannya. Ketika menjadi seorang anak perempuan memanglah memiliki kebutuhan akan perhatian yang ‘lebih’ dibandingkan dengan anak laki-laki. Kedekatan dengan keluarga merupakan hal yang mutlak bagi seorang anak perempuan dalam menjalani masa kecilnya hingga masa-masa dimana dia masih belum siap untuk lepas dari keluarganya. Seorang anak perempuan cenderung lebih menggantungkan kebutuhannya kepada kedua orang tuanya, meskipun hal itu tidak benar jika anak perempuan dikatakan tidak mandiri.
Namun demikian itulah anak perempuan. Suatu hal yang sangat berbeda muncul ketika secara mau atau tidak seorang anak perempuan diharuskan meninggalkan dan terpisah dari keluarganya. Dalam hal ini bukan permasalahan pernikahan, yang mengharuskan seorang perempuan meninggalakan keluarganya, tetapi bisa saja permasalahannya adalah tuntutan untuk merantau untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi misalnya.Dari keterpisahannya dengan keluarga itulah, seorang anak perempuan, dipaksa untuk beradaptasi. Dia diharuskan sedikit untuk tidak berlebihan dalam menggantungkan seluruh kebutuhannya kepada orang lain.Perubahan yang sangat menyusahkan tersebut merupakan hal yang sangat susah dijalani. Banyak permasalahan-peramasalahan, yang sebelumnya dihadapi secara bersama-sama dalam keluarga, kini harus dihadapi seorang diri.
Peristiwa – peristiwa dengan kejadian yang ada sekarang ini, seperti seorang anak dalam menghadapi perceraiian orang tua, tentang kehilangan sang ayah menjadi inspirasi yang kuat dalam setiap karya-karya ini. Menampilkan kembali moment-moment kebahagian, kesedihan, benda-benda kenangan dan harapan –harapan serta motivasi yang mengarah pada sikap pertahanan seseorang dalam menghadapi masalah internal (keluarga) menjadi energi positif yang dapat dikembalikan kepada masyarakat (lingkungan).

KUASTRA, Rara - Personal Name
SL/Kua/k/2016
-
SL
Tugas Akhir
INDONESIA
FSR ISI Yogyakarta
2016
Yogyakarta
xiv, 105 hal.: ilus.: lamp.; 30 sm
LOADING LIST...
LOADING LIST...