Detail Cantuman Kembali

XML

Filsafat semiotika: paradigma, teori, dan metode interpretasi tanda dari semiotika struktural hingga dekonstruksi praktis


Sebagai nama bidang pengetahuan, filsafat semiotika adalah bidang pengetahuan yang ingin mengetahui segala sesuatu yang mendalam, berobjek tanda - tanda (signs). Sebagai sebuah proses, filsafat semiotika dapat dimaknai sebagai nama bagi proses berpikir yang radikal dan menyeluruh, cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya tentang tanda, baik pada proses penandaan (signifikasi) maupun pemaknaan (semiosis). Sebagai metode, filsafat semiotika dapat dimaknai sebagai serangkaian tahapan atau cara berpikir tertentu yang dapat mengantarkan seseorang untuk berpikir secara radikal dan menyeluruh sehingga mampu mengupas sesuatu secara mendalam tentang berbagai tanda yang ada di alam, manusia, budaya, dan lainnya. Dari sudut pandang hasil,filsafat semiotika merupakan proses berpikir yang radikal dan mendalam tentang tanda-tanda. Buku ini penting di baca dan di simak karena termasuk buku langka, terlebih kajiannya menitikberatkan pada pendekatan filosofis. Menjelaskan teori semiotik yang merupakan teori kritis pascamodern, yang memahami karya sastra melalui tanda - tanda atau perlambangan yang ditemui di teks.

RUSMANA, Dadan - Personal Name
101 Rus f
978-979-076-336-4
100/
Buku Teks
INDONESIA
Pustaka Setia
2014
Bandung
436 hal.: ilus., 24 cm
Di dalam buku ini dijelaskan bahwa sebagai nama bidang pengetahuan, filsafat semiotika adalah bidang pengetahuan yang ingin mengetahui segala sesuatu yang mendalam, berobjek tanda-tanda. Sebagai proses, filsafat semiotika dapat dimaknai sebagai nama bagi proses berpikir yang radikal dan menyeluruh, cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya tentang tanda, baik pada proses penandaan maupun pemaknaan. Sebagai metode, filsafat semiotika dapak dimaknai sebagai serangkaian tahapan atau cara berpikir tertentu yang dapat mengantarkan seseorang untuk berpikir secara radikal dan menyeluruh sehingga mampu mengupas sesuatu secara mendalam tentang berbagai tanda yang ada di alam, manusia, budaya, dan lainnya. Dari sudut pandang hasil, filsafat semiotika merupakan hasil proses berpikir yang radikal dan mendalam tentang tanda-tanda. Misalnya, hasil pemikiran mendalam Saussure disebut filsafat semiotika Saussure, sedangkan hasil pemikiran mendalam Peirce dikenal dengan filsafat semiotika Peirce.
LOADING LIST...
LOADING LIST...