Detail Cantuman Kembali

XML

“Asap Rokok” (Hilangnya Ruang Privasi Pada Perokok Pasif) dalam Karya Seni Video


Seni adalah ekspresi diri untuk mengungkapkan rasa estetik yang terbentuk dalam imajinasi. Imajinasi yang lahir dari buah pikiran dan fenomena yang terjadi di sekelilingnya, tidak dapat dipungkiri karya seni yang lahir dari seorang seniman adalah refleksi dari kebiasaannya.
Seni video adalah seni yang diciptakan dari sinergi antara teknologi dengan seni. Seperti melukis pada sebuah kamera video, objek yang diambil adalah visual yang bergerak, ruang yang dihadirkan memberikan imajinasi yang berbeda. Objek yang divisualkan dinamis, tidak membosankan, dan ada ekspektasi yang diraih. Seperti lukisan yang bergerak dan emosi yang muncul seperti terlihat nyata dan bisa dinikmati hingga klimaks.
Seni video “Asap Rokok” ini adalah sebuah karya video yang diciptakan dari fenomena ruang privasi seseorang, dimana asap yang dihasilkan si perokok telah mengganggu ruang privasi tersebut, yang tidak hanya mengganggu orang lain tetapi alam sekitar. Asap rokok merupakan sumbangan polusi terbesar terhadap global warming, dimana Indonesia adalah surga bagi para perokok, dengan mengendarai motor orang merokok, di kampus mahasiswa dan dosen merokok, di ruangan ber-ac orang merokok, mengendarai becak tukang becaknya bekerja sambil merokok, supir bajaj juga merokok, di mall-mall pun orang-orang merokok, di sawah petani merokok, di pabrik pekerja merokok, di kantor pegawai merokok, Inilah pandangan yang akan kita dapati setiap hari di Indonesia, aktivitas merokok mengakibatkan pengaruh buruk terhadap lingkungan. Polusi yang dihasilkan tidak hanya berpengaruh negatif pada si perokok tetapi juga pada orang-orang sekitar yang berada di antara para perokok. Setiap orang memiliki privasi untuk menikmati alam sekitarnya tanpa terganggu dengan asap-asap rokok. Perlakuan inilah yang mendorong untuk menciptakan sebuah karya seni video memvisualkan kehidupan masyarakat urban saat ini yang kurang peduli terhadap lingkungan dan privasi seseorang.
KAZONLI, Ulfah - Personal Name
TES/Kaz/a/2014
TES/
Tugas Akhir
INDONESIA
Program Pascasarjana ISI Yk
2014
pasca sarjana, ISI Ygyakarta
vi, 73 hlm,; ilus 27 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...