Detail Cantuman Kembali

XML

Srabad dalam seni rupa Tradisi Cirebon


Seni rupa tradisional memiliki ciri khas, yaitu seni diabdikan untuk kepentingan religius. Dengan demikian, seni, agama, dan masyarakat menjadi kesatuan. Budaya tradisi masyarakat Cirebon banyak dipengaruhi oleh budaya Sunda, Jawa, Hindu, China, dan Islam. Pengaruh budaya tersebut kemudian di visualkan dalam panduan simbol masing-masing budaya, yang satu sama lain saling menyamarkan sekaligus membentuk keutuhan. Salah satu hasil budaya tradisi tersebut adalah srabad yang merupakan hasil ide kreatif sebagai upaya kompromi dari pandangan sebagian yang meyakini ajaran Islam tentang pelarangan menggambar makhluk hidup secara utuh. Tema-tema srabad dalam perkembangannya kemudian banyak mempengaruhi dalam perkembangan seni rupa tradisi Cirebon.
Penelitian ini merupakan studi tentang keberadaan srabad yang mengindikasikan kuatnya bentuk hubungan seni dan spiritual. Studi ini juga merupakan upaya identifikasi pengaruh budaya, melakukan eksplorasi tentang makna dan karakteristik srabad. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, memakai metode deskriptif, dengan mengambil sampel beberapa karya srabad. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji semua data yang ada. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, kebudayaan. Sunda, Jawa, China dan Islam sangat mempengaruhi seni rupa tradisi Cirebon; kedua, srabad adalah hasil dari konsepsi spiritual masyarakat Cirebon, dalam komunikasinya terhadap diri,Tuhan, dan alam; ketiga, seni tradisi Cirebon termasuk srabad, dibuat dan di selenggarakan dalam kerangka kebutuhan religi, selain sebagai tontonan juga merupakan tuntunan, akan bergeser maknanya jika memaknainya tidak secara utuh.
Kata Kunci: Srabad, Seni rupa
Suryawan - Personal Name
SL/Sur/s/2014
SL
Tugas Akhir
INDONESIA
FSP ISI Yogyakarta
2014
Yogyakarta
xiii, 109 hlm.: ilus., 27 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...