Detail Cantuman Kembali

XML

Kenangan masa kecil sebagai ide penciptaan seni lukis


Seni adalah ungkapan perasaan yang tercipta dari pengalaman yang diserap oleh indra, yang keberadaanya senantiasa mengiringi perjalanan sejarah manusia dalam rentang waktu yang sangat panjang. Dengan demikian eksistensi dan perkembangan seni sejalan dengan kehidupan manusia. Hal ini menunjukkan bahwa seni sebagai salah satu bentuk ekspresi pengalaman batin yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusi.
Terciptanya sebuah karya seni berawal dari kemampuan penciptanya dalam menikmati, mengekspresikan nilai-nilai estetis yang ada di sekelilingnya. Sehubungan dengan proses terciptanya karya seni, faktor-faktor tersebut misalnya segala sesuatu yang ada di sekeliling seniman. Proses penciptaan karya seni tentu tidak dapat dilepaskan dari pengalaman yang melingkupi kehidupan seniman tersebut, bisa disebabkan oleh apa saja yang berasal dari sekitar seniman. Bermula dari ide atau gagasan yang timbul, lalu ada proses penciptaan, sampai dengan karya tersebut lahir dan terwujud adalah merupakan rangkaian atau kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Tugas ini mencoba mengangkat ide tentang pengalaman sebagai sumber penciptaaan lukisan. Tugas akhir ini mengangkat isu tentang pengalaman masa kecil sebagai sumber ide penciptaan seni lukis.

SUARDANA,I Kadek - Personal Name
SL/suar/k/2014
SL
Tugas Akhir
INDONESIA
FSP ISI Yogyakarta
2014
Yogyakarta
xii,85 hlm.: ilus., 27 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...