Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan pola ritmik sandi Morse dalam komposisi "Fonetik: Janganbicara" untuk formasi Trio String


Komunikasi melalui musik vokal langsung dengan kata-kata (lirik) sedangkan komunikasi melalui musik instrumen hanya bisa ditangkap dari judul dan efek-efek imitasi sebagai pembangun suasana yang bersifat simbolis.
Ide dalam penciptaan komposisi untuk tri string dengan judul "Fonetik: jangan bicara" ini adalah kode Morse yaitu sistem bunyi yang telah diatur dalam bentuk pola ritmik dan berfungsi untuk membedakan arti. Pola ritmik pada kode Morse dijadikan suatu sistem bahasa komunikasi verbal pada penciptaan komposisi medium instrumen untuk trio string ini.
Tujuan dari penciptaan komposisi musik tersebut di atas adalah (1) menjadikan struktur bentuk pola ritmik kode Morse sebagai elemen sistem tanda atau bahasa musik instrumen yang bisa berkomunikasi secara langsung pada audiennya, (2) untuk mengidentifikasikan dan menjembatani ilmu musik instrumen dengan disiplin ilmu fonetik sebagai dasar ilmu linguistik dan semiotik, dan (3) mengelompokkan dan mengaplikasikan sistem kode Morse sebagai tanda denagn elemen musik pada sebuah penciptaan komposisi medium instrumen sebagai simbol.
IS, Refindar - Personal Name
MS/ Is/p/2012
MS
Tugas Akhir
INDONESIA
FSP ISI Yogyakarta
2012
YK
LOADING LIST...
LOADING LIST...